SEJARAH DESA SUROYUDAN


Konon pada zaman dahulu Berdirinya dan nama Desa  Suroyudan di Prakarsai oleh tokoh pendirinya dari tiga perdukuhan yaitu Simbah Kyai Kendil Wesi, Simbah Kyai Gandul dan Demang Singa Yuda. Ketiga tokoh tersebut dengan gigih melawan musuh, yaitu Demang Singa Yuda yang merebut dan membabat alas melawan Demang Kuta Wuluh ( Jebeng  Plampitan). Demang Kuta Wuluh sangat di segani  oleh semua orang di karenakan  dulu membabat alas sampai  wilayah selatan yang mana masyarakatnya dahulu kerjanya tayuban ( ronggengan / lenggeran). wilayahnya merambah sampai ke perdukuhan Glatik Mungup dan Karang Anyar (yang sekarang dukuh Srisip), Demang Singa Yuda marah besar dengan sikap Demang Kuta Wuluh  dan dengan keberaniannya serta kesaktiannya akhirnya sebagian wilayahnya masih bisa dipertahankan. adapun sebagian lagi bisa direbut oleh Demang Kuta Wuluh

                Akhirnya ketiga tokoh tersebut setelah melihat bahwa wilayahnya di babat oleh Demang Kuta Wuluh sampai merambah ke wilayahnya untuk dijadikan lahan bercocok tanam, maka terjadilah perebutan wilayah walaupun sebagian wilayahnya sudah di miliki Demang Kuta Wuluh. Ketiga tokoh tersebut bekerja sama dengan penduduknya membabat alas ke arah selatan perbatasan Gumiwang dan Plodongan untuk memeperluas lahan pertanian serta memperluas wilayahnya. Setelah perebutan wilayah selesai, Mereka bertiga belum memberi nama Desa yang saat ini  tempati , Kemudian  Kyai Kendil Wesi dan Kyai Gandul bermusyawarah dan memberikan mandat kepada Demang Singa Yudha untuk memberikan nama desa yang mereka tempati. sehingga setelah bermusyawarah diambilah  Nama Singa Yuda yang  memiliki makna  Singa berarti raja hewan dan Yudha  yang berarti perang . ketiga sesepuh tersebut akhirnya saling bertukar pendapat dan menyutui bahwa Demang  Singa Yuda di pakai namanya sebagai nama desa.

              Seiring berjalannya waktu dan zaman nama Desa Singayudha  di rubah dan sempurnakan menjadi Suroyudan  yang mempunyai arti Suro (wani) dan Yudan (perang), Nama Suroyudan sendiri memiliki makna yang sangat dalam yaitu, berani berperang dalam merebut wilayah dan berani berperang terhadap penjajah serta  berani perang melawan hawa napsu.

Berikut Tokoh-Tokoh yang sangat berjasa dalam sejarah Desa Suroyudan

  1. Kyai KENDIL WESI (Kyai Ghoni) Makamnya di Dukuh Penulih
  2.  Kyai SINGA YUDA makamnya di Dukuh Srisip
  3. Kyai GANDUL makamnya di Dukuh Pegandulan

sejarah dusun pegandulan

Pada jaman dulu perang Diponegoro melawan kolonial Belanda ada seorang senopati (Manggolo Yudo) bern


sejarah dusun srisip

Pada zaman dahulu ada seorang yang sangat sakti  bernama Mbah Demang Singa Yuda, beliau yang pe


sejarah dusun penulih

Pada zaman dahulu ada dukuh yang bernamakan Bumi Gendhongan di karenakan dulu tidak boleh membuat su



Total Dibaca