BERSIH KUBUR / RESIK KUBUR


Bersih Kubur / Resik Kubur adalah kegiatan Yang bersifat rutin dilakukan setiap hari jumat kliwon pada tanggalan jawa yang dilakukan sepanjang tahun.

bersih kubur sendiri Sudah menjadi tradisi masyarakat Desa Suroyudan, bahwasannya bersih kubur atau yang biasa disebut resik kubur merupakan salah satu giat gotong royong masyarakat Desa Suroyudan,

Seperti kegiatan bersih kubur Jum’at pagi ini, di makam dusun Penulih desa suroyudan. Masyarakat bersama-sama membersihkan makam keluarga dan leluhur mereka. setelah selesai membersihkan area makam , masyarakat melakukan acara ''SLAMETAN'' dalam kata lain Makan dan Doa bersama sebagai wujud syukur kepada Allah Swt telah diberikan kesehatan, Rizki dan lain sebagainya dan juga memohon keselamatan didunia dan diakhirat serta mendoakan keluarga/leluhur yang sudah mendahului kita.

Kegiatan ini juga biasa dilakukan di bulan Ramadhan mendekati hari Raya Idul Fitri ataupun dibulan ruwah.

Menurut keterangan dari kepala Desa Suroyudan bapak Ahmad Suratno, Kegiatan bersih kubur ini selain menjaga tradisi gotong royong di masyarakat, juga sebagai bentuk bakti kita kepada makam keluarga dan leluhur kita, juga cerminan membersihkan diri, lingkungan dan hati kita agar senantiasa kita dapat Menerapkan prisip perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta juga mengenang perjuangan leluhur kita dalam bermasyarakat dan juga dalam beragama.


Total Dibaca